Pertanian Adalah penompang hidup bagi umat manusia sumber daya modal | Pertanian

Pages

Monday 21 April 2014

sumber daya modal

3. Sumber Daya Modal
          Sumber daya modal adalah barang-barang (sarana) yang dapat digunakan untuk menghasilkan barang lain, misalnya: uang, bahan mentah, mesin, perkakas, dsb (Soekartawi, 1989).Sumber daya modal dapat diklasifikasikan sebagai berikut:
1) Menurut Sifatnya
1.    Modal Lancar, yaitu modal yang hanya dapat digunakan satu kali dalam proses produksi seperti bahan baku dan bahan mentah.
2.    Modal Tetap, yaitu modal yang dapat digunakan lebih dari satu kali dalam proses produksi, seperti mesin-mesin atau peralatan.
2) Menurut fungsinya
1.    Modal Individu, yaitu modal yang digunakan oleh individu sebagai sumber pendapatan sekalipun pemiliknya tidak ikut dalam proses produksi, seperti pemilik taxi.
2.    Modal Masyarakat, yaitu modal yang digunakan oleh masyarakat dalam menghasilkan barang dan jasa, seperti kendaraan umum.
3) Menurut Bentuknya
1.    Modal Abstrak, yaitu modal yang tidak berbentuk fisik (tidak berwujud) tapi sangat menentukan hasil produksi seperti keahlian seseorang.
2.    Modal Konkrit, yaitu modal yang wujud fisiknya dapat dilihat (berwujud) seperti mesin-mesin.
4) Modal menurut pemiliknya
1.    Modal perseorangan, artinya modal tersebut dimiliki oleh perseorangan. Misalnya, gedung dan kendaraan.
2.    Modal masyarakat, artinya modal tersebut dimiliki oleh banyak orang dan untuk kepentingan orang banyak. Misalnya, jalan dan jembatan.
5) Modal menurut bentuknya
1.    Uang, artinya modal berupa dana.
2.    Barang, artinya modal berupa alat yang digunakan dalam proses produksi. Misalnya, mesin, gedung, dan kendaraan.


6) Modal menurut sumbernya
1.    Modal sendiri, artinya modal yang berasal dari pemilik perusahaan. Misalnya, saham dan tabungan.
2.    Modal pinjaman, artinya modal pinjaman dari pihak
          Modal dalam usaha tani diklasifikasikan sebagai bentuk kekayaan, baik berupa uang maupun barang yang digunakan untuk menghasilkan sesuatu secara langsung atau tak langsung dalam suatu proses produksi. Pembentukan modal bertujuan untuk meningkatkan produksi dan pendapatan usaha tani, serta menunjang pembentukan modal lebih lanjut (Soekartawi, 1989).

1.    Permasalahan Modal Bagi Petani
Permasalahan modal bagi petani sampai saat ini umumnya menjadi masalah klasik yang sepertinya tidak pernahselesai. Persoalan itu terutama terjadi pada pertanian yangdilaksanakan dengan skala kecil. Modal seolah-olahmenjadi faktor pembatas optimasi pertanian yangdilakukan petani. Sebagian besar usaha pertanian yangdilakukan petani masih mengandalkan modal sendiri yangberasal dari asset petani dan pendapatan petani. Padahal,kadangkala pendapatan dan asset petani harus digunakanuntuk berbagai keperluan keluarganya mulai dari konsumsipangan, pakaian, sekolah anak, kesehatan, dan biaya sosial.Pada kontek pendapatan dan asset yang dimiliki petanirelatif berjumlah sedikit, tidak heran jika urusan modalpetani dikaitkan dengan tengkulak atau rentenir dengantingkat bunga yang tinggi.
Permasalahan modal untuk pembiayaan pertanian skalakecil menjadi komplek karena akses ke lembagapembiayaan formal sulit dapat dipenuhi petani.Kelengkapan adminisntrasi usaha pertanian sulit dapatdipenuhi sehingga banyak dinilai tidak layak bank(unbankable). Secara umum, dihadapan lembagapembiayaan formal, usaha pertanian tidak memenuhisyarat dan criteria 5-C, yaitu character, condition ofeconomy, capacity to repay, capital, dan collateral) yangmerupakan aturan/mekanisme standar perbankan dalampenyaluran permodalan. Dengan demikian, diperlukanadanya lembaga keuangan atau pembiayaan untukpertanian yang mampu mengeliminir keterbatasan 5-Cyang dihadapi petani.

2.    Solusi dari Permasalahan
Dari sisi pengusaha, untuk menyelesaikan masalah sumberdaya modal yang dihadapi petani yaitu dengan jalan kemitraan melalui konsep kerja sama. Konsep kerja sama usaha melalui kemitraan ini adalah jalinan kerjasama yang dilakukan antara usaha besar atau menengah dengan petani kecil yang didasarkan pada kesejajaran kedudukan atau mempunyai derajat yang sama terhadap kedua belah pihak yang bermitra. Hal ini berarti bahwa hubungan kerjasama yang dilakukan antara pengusaha besar atau menengah dengan petani kecil mempunyai kedudukan yang setara mengenai hak dan kewajiban masing-masing, sehingga tidak ada pihak yang dirugikan, tidak ada yang saling mengeksploitasi satu sama lain dan tumbuh berkembangnya rasa saling percaya di antara para pihak dalam mengembangkan usahanya.
Kemitraan dengan petani tersebut penting bagi perusahaan untuk menjamin pasokan bahan mentah dengan kualitas terkontrol. Perusahaan mitra menyediakan pinjaman modal kepada petani mitra untuk biaya awal budidaya. Dalam perjanjian disebutkan komitmen kedua belah pihak untuk bekerja sama, area pertanaman komoditas yang disepakati, standar kualitas produk, dan harga yang akan dibayarkan atas hasil panen selama periode kemitraaan. Setelah satu tahun, perjanjian akan ditinjau kembali.
          Petani setuju menyerahkan hasil panennya pada perusahaan dan mengikuti petunjuk teknis budi daya dari perusahaan untuk mendapat kualitas produk sesuai kualifikasi. Perusahaan akan membeli semua hasil panen mereka dengan harga yang disepakati sepanjang memenuhi standar kualitas. Produk masih menjadi milik petani selama belum diserahkan kepada pihak perusahaan.
          Struktur kemitraan di lapangan adalah antara petani yang diwakili oleh ketua kelompok tani dengan pusat pengumpul (collecting center) dari perusahaan mitra di desa tersebut. Petani akan menerima benih berkualitas dan bila perlu, bantuan berupa pupuk serta pestisida disediakan melalui collecting center.         
   Fungsi utama collecting center adalah mengumpulkan hasil panen komoditas dari petani mitra. Di sini produk akan dipilah sesuai kualifikasi. Selanjutnya dilakukan pengemasan sebelum dikirim ke perusahan mitra
Dengan hubungan kerjasama melalui kemitraan ini diharapkan pengusaha besar atau menengah dapat menjalin hubungan kerjasama yang saling menguntungkan dengan petani kecil, sehingga petani kecil akan lebih berdaya dan tangguh di dalam berusaha demi tercapainya kesejahteraan.



DAFTAR PUSTAKA

Susanto, Eko. 2011. Pengantar Ekonomi Pertanian. Online[http://pep-ub-agroekoteknologi.blogspot.com/2011/06/sumber-daya-pertanian.html]. Diakses pada tanggal 23 Februari 2014



PAPER EKONOMI PEMBANGUNAN PERTANIAN
Modal
 










KELOMPOK 7

M. JAMALUDIN                               125040100111101






PROGRAM STUDI AGRIBISNIS
FAKULTAS PERTANIAN
UNIVERSITAS BRAWIJAYA
MALANG

2014

0 comments:

Post a Comment