Pertanian Adalah penompang hidup bagi umat manusia gulma suket resap | Pertanian

Pages

Monday 1 December 2014

gulma suket resap


Ischaemum muticum L.
Suket Resap
Klasifikasi Ilmiah:
Regnum             : Plantae
Divisio               : Magnoliophyta
Classis               : Liliopsida
Ordo                 : Cyperales
Familia               : Poaceae
Spesies              : Ischaemum muticum L.
Nama lokal         : Suket resap



Morfologi Tumbuhan :
Rumput menahun dengan akar rimpang yang panjang. Pelepah daun berwarna hijau terang atau ungu yang agak bertumpuk-tumpuk dengan helaian daun yang sangat pendek, bentuk melanset-membundar telur sampai memita. Perbungaan terminal, terdiri dari 2 tandan yang menyatu, buliran berpasang-pasangan, satu melekat dan satu bertangkai, warna jerami; buliran yang melekat gundul, sedangkan buliran yang bertangkai berambut.

Habitat dan Daur Hidup:
Ischaemum muticum merupakan penjajah habitat terbuka dan terganggu yang agresif dan dapat berkembang menjadi belukar yang lebat pada saluran drainase dan selokan. Pada pinggiran hutan sekunder, jenis ini tumbuh sangat cepat, bercampur di antara semak-semak. Toleran terhadap kondisi basah, terutama banjir, dan musim kering yang pendek. Dijumpai di daerah-daerah dengan curah hujan lebih dari 1500 mm per tahun. Keberadaan jenis ini sebagai indikator kesuburan tanah yang rendah.

Perbanyakan :
Perbanyakan secara alami dengan akar rimpang, tetapi dapat juga tersebar dari bijinya

Nilai Ekonomis :
Ischaemum muticum sebagai pakan ternak dan juga melindungi tanah dari erosi terutama pada bukit pasir di pantai dan untuk membuat kompos dan mulsa.


DAFTAR PUSTAKA

Alfaida, dkk. 2013. Jenis-Jenis  Tumbuhan  Pantai  di  Desa  Pelawa  Baru  Kecamatan  Parigi  Tengah Kabupaten Parigi Moutong dan Pemanfaatannya sebagai Buku Saku. e-Jipbiol Vol. 1 : 19-32, Juni 2013 ISSN : 2338-1795: Universitas Tadulako.

0 comments:

Post a Comment