BAB
I
COVER DEPAN
1.1 Gambar
dan Design menarik
a.
Gambar Cover
Depan
Dalam usaha ini, Perusahaan kami ingin
membuat sebuah inovasi yaitu dengan membuat makanan berupa Roti dengan bahan
dasar Jagung dan Bahan roti lainnya. Dimana roti ini nantinya ingin kami buat
dengan varian rasa yang di jamin
lembut dan menyehatkan.
b.
Gambar Produk
Untuk
gambar produk di kasih slogan dari produk tersebut yang mana
nanti konsumen bisa mudah menghafal dari produk tersebut.
1.2.
Logo/Lambang
Usaha
Logo
atau lambang usaha kami adalah seperti di bawah ini:
Filosofi dari logo ini adalah background
warna biru dan coklat menunjukkan kehangatan, antusiasme, persahabatan,
pencapaian bisnis, karier, kesuksesan, kesehatan pikiran, keadilan, daya tahan,
kegembiraan, gerak cepat, sesuatu yang tumbuh dan ketertarikan. Kemudian ikon
gambar pesawat itu menggambarkan bahwasannya
kita menginginkan perusahaan kami produknya bisa tersebar ke mancanegara. Untuk
gambar pesawat yang menghadap ke atas perusahaan bisa terus meningkat pesat
produknya dari tahun ke tahun.
1.3.
Informatif (nama,
alamat, contact person)
Unit
Bisnis :
Makanan olahan (Roti Jagung)
Nama
Perusahaan : UD. FLY FOOD
Alamat
Kantor : Jl.Ir.soekarno
Belahan Kec. Puri Mojokerto
Contact
Person :
(0321) 5174055
E-mail : flyfood@gmail.com
Blog : flyfood.blogspot.com
Facebook : Fly food
Twitter : @fly_food
BAB II
PENDAHULUAN
2.1 Sejarah Berdirinya
Usaha
“FLYFOOD” adalah perusahaan perseorangan
industry yang masih berskala keil yang memproduksi, mendistribusikan dan
menawarkan produk berupa minumaan dan
makanan. Perusahaan “FLYFOOD”
bergerak utama di bidang
industri kue dari jagung, prusahaan ini
di dirikan pada tanggal 13 agustus 2013 oleh Muhammad jamaludin yang sekaligus
menjadi pimpinan tertinggi di perusahaan
FLYFOOD. Nama “FLYFOOD” mengandung arti sederhana yaitu makanan jagung yang
terbang, dalam arti sederhana ini di
harapkan perusahaan bisa mewujudkan cita-citanya untuk mengembangkan produk
dari jagung yang mana nanti bisa terbang tinggi dalam arti di kenal masyarakat
luas baik luar negri maupun dalam negri dan dengan kualitas produk yang
berkualitas .
Berawal dari keinginan untuk
memanfaatkan tanaman jagung yang tumbuh pesat di daerah Mojokerto .
Ide ini juga tumbuh dengan beberapa pemikiran, yang pertama yaitu untuk menyejahterakan
petani jagung sehingga bisa memberikan
nilai tambah lebih terhadap tanaman jagung yang di inovasi menjadi makanan. Meski pada dasarya jagung sudah banyak
terkenal di indonesia hususnya dengan berbagai produknya. Tetapi produk jagung
ltu yang terkenal tersebut berbentuk pipilan dan
makanan dalam hal ini “FLYFOOD” membuat suatu inovasi untuk memanfaatkannya kedalam roti jagung dan bubuk roti jagung siap saji yang bisa di buat
di manapun tempatnya dan yang paling terutama tetap mengadung kandungan unsur
yang baik untuk tubuh manusia, terutama dalam memenuhi vitamin dalam tubuh.
2.2 Visi & Misi Usaha
Ø Visi
:
Menjadi perusahaan penghasil makanan dan
hususnya makanan yang berkualitas tinggi dan menguasai segala jenis pasar di
seluru dunia.
Ø Misi
:
1.
Mengedepankan sistem
organisasi
2.
Mengedepankan sistem
manejemen
3.
Selalu memberikan
inovasi baru untuk kemasan dan rasa
4.
Memberikan dampak yang
baik untuk konsumen, karyawan dan lingkungan sekitar
5.
Selalu jujur dan tegas
dalam memprose produksi, pemasaran dan pelayanan
6.
Memberikalan layanan
yang pas untuk segalah jenis keluhan yang di dapat dari konsumen mengenai
produk
BAB III
ASPEK PEMASARAN
3.1
Gambaran Umum Pasar (STP)
Rojase
merupakan roti dengan rasa manis dan gurih dengan berbagai varian rasa seperti coklat, keju, stroberry,
dll. Varian Rojase dengan menggunakan bahan baku jagung dan tepung maizena akan
semakin memanjakan lidah konsumen dan membuat aroma sekaligus rasanya lebih
gurih dan terasa nikmat. Roti Jagung ini dapat dinikmati dikala sendiri maupun
saat kumpul bersama teman atau keluarga. Apalagi dinikmati pada pagi hari
dengan secangkir coklat panas..
a.
Segmen Pasar
Q
Segmentasi Geografik
Di
sini, perusahaan kami FLYFOOD mempromosikan produk FLYFOOD berdasarkan
wilayah-wilayah, target perusahaan kami adalah wilayah kompleks kost mahasiswa
dengan mengedepankan penyajian Rojase yang menarik dan rasa yang enak. Kompleks
perumahan dengan mengedepankan produk Rojase yang sehat dan banyak manfaat.
Lingkungan perkotaan dengan mengedepankan produk Rojase berpenampilan yang
menarik dengan varian, baik itu dari kalangan menengah, menengah kebawah dan kalangan
atas.
Q
Segmentasi Demografi
Dari
segi demografi, perusahaan kami memilah lagi menjadi beberapa segi konsumen,
mulai dari anak-anak hingga dewasa dengan beragam lapisan Rojase dan varian.
Q
Segmentasi Psikografik
Dari
segi psikografik, didasarkan pada gaya hidup konsumen target. Ada terget
konsumen yang bergaya hidup sehat dengan mengedepankan kandungan gizi dan
manfaat dari Rojase. Ada juga konsumen yang bergaya hidup mewah dengan
mengedepankan bentuk, rasa dan hiasan yang menarik dan enak.
Kesimpulannya
adalah segmentasi pasar dari perusahaan yang kami miliki sangat luas serta
tidak memiliki batasan, sehingga sangat potensial untuk semakin dikembangkan.
b.
Target Pasar
Produk
yang kami tawarkan ini ditujukan untuk semua kalangan (atas menenga dan bawa)
dan untuk umur di atas 7 tahun, dimana kandungan dalam jagung sangan bagus
untuk tubuh manusia asal dalam mengkonsumsinya tidak berlebihan.
Target
pasar utama yaitu mahasiswa, dalam jangka pendek meliputi mahasiswa sekitar
universitas Mojokerto, dalam jangka menenga meliputi masyarakat Mojokerto dan
dalam jangka panjang merambah keluar kota mojokerto.
Alasan
target pasar utamama yaitu mahasiswa karna mahaisiswa butuh tenanga lebih untuk
menambah vitamin yang di butuhkan di dalam tubuh mahasiswa yang penuh
aktifitas.
c.
Positioning
F
Positioning
menurut manfaat
Rojase
dari perusahaan kami diposisikan di depan dibandingkan dengan Roti yang
biasanya. Hal ini dikarenakan perusahaan kami mengedepankan manfaat dan
kandungan gizi yang terkandung dalam kentang dan tepung terigunya. Jadi,
terdapat kandungan gizi yang lebih lengkap jika dibandingkan dengan Roti yang
tanpa menggunakan Jagung.
F
Positioning
menurut harga/kualitas
Rojase
diposisikan memiliki kualitas produk yang tinggi dan alami dari penggunaan
bahan baku kentang. Selain itu, ditunjang dengan harga yang terjangkau. Hal ini
membuktikan bahwa Rojase
dari perusahaan kami mempunyai
potensi yang besar dibandingkan perusahaan Roti biasa.
F
Positioning
menurut penggunaan/penerapan
Rojase
dari perusahaan kami merupakan usaha yang memposisikan produknya sebagai produk
Roti yang enak, gurih, manis, sehat dan bermanfaat bagi kesehatan dalam jangka
waktu yang panjang berdasarkan kandungan gizi yang terdapat pada Jagung dan
bahan dasar lainnya. Jadi kesimpulannya, perusahaan kami tidak kalah bersaing
dengan perusahaan Roti biasa yang lain.
3.2
Permintaan
Dalam hal ini perusahaan FLYFOOD
mempunya perkiraan atau prediksi akan jumlah konsumen terhadap produk unggulan
kami yang berupa Roti jagung atau dengan singkatan Rojuse. Prediksinya kami
cantumkan berupah tabel di bawa ini:
Tahun
|
Perkiraan
Permintaan (Dalam Unit)
|
1
|
150.000
unit kemasan
|
2
|
280.000
unit kemasan
|
3
|
560.000
unit kemasan
|
Tahun-tahun
seterusnya
|
Diprediksi
akan mengalami peningkatan minimal 50% permintaan
|
Prediksi permintaan akan prodok di
prediksi akan terus meningkat, dimana produk yang di tawarkan harga dan rasa
sesuai dengan lida konsumen yang mayoritas
mulai menyukai makanan roti yang murah dan banyak
mengandung vitamin.
3.3
Penawaran
1. Suatu bisnis tidaklah luput
dengan yang namanya pesaing yang kuat dan sudah terkenal terlebih dahulu di
kalangan produsen, beberapa penawaran
dari produk pesaing yang sejenis di pasar di antaranya yaitu:
Tahun
|
Kapasitas
produksi/bulan (dalam unit)
|
Sari
Roti
|
900.000 unit kemasa pertahun
|
Suzana
Bakery
|
300.000
unit kemasan pertahun
|
Madona
|
400.000
unit kemasan per tahun
|
Hal ini untuk tetap bersaing kami
mempunyai trik-trik husus dalam pemasaran,
yang paling utama dalam menghadapi persaingan ini kami megunakan pedoman jujur, fakta, dan
terpercaya . di prediksikan kami akan bisa bersaing dengan produk yang sudah
mempunyai pelanggan sentianya meski kami produk baru.
Proyeksi penawaran dalam beberapa preode
mendatang, yang di sesuaikan dengan permintaan barang per tahun yang di
sesuaikan dengan pertumbuhan ekonomi
konsunsumen,
Tahun
|
Perkiraan
Permintaan (Dalam Unit)
|
1
|
150.000
unit kemasan
|
2
|
280.000
unit kemasan
|
3
|
560.000
unit kemasan
|
Tahun-tahun
seterusnya
|
Diprediksi
akan mengalami peningkatan minimal 50% permintaan
|
3.4
Rencana Penjualan dan Pangsa Pasar
Berdasarkan permintaan dan penawaran
terhadap produk Roti jagung (rojase) yang semakin meningkat tiap bulannya, maka
perusahaan kami menyusun strategi untuk memasarkan produk kami secara lebih
gencar lagi sehingga tidak kalah saing di pasaran. Pertama, perusahaan kami
akan menambah berbagai macam varian rasa yang lebih menarik lagi dengan
kemasan yang menarik pula disesuaikan dengan golongan konsumen. Kedua, strategi
dari perusahaan kami adalah dengan melakukan promosi yang lebih gencar ke
hotel, public center, media massa dan sebagainya agar produk dari
perusahaan kami bisa lebih dikenal publik. Ketiga, perusahaan kami akan
berusaha melakukan kerjasama dengan pihak-pihak investor sehingga diharapkan
produk Roti jagung ini dapat lebih
berkembang dan berkelanjutan usahanya.
Tahun
|
Permintaan
(A)
|
Penawaran
(B)
|
Peluang
(C=A-B)
|
Rencana penjualan (D)
|
Pangsa pasar
(E=DX100%/C)
|
1
|
150.000
|
50.000
|
100.000
|
50.000
|
50%
|
2
|
280.000
|
50.000
|
230.000
|
200.000
|
86,9%
|
3
|
560.000
|
50.000
|
510.000
|
450.000
|
88,2%
|
4
|
>meningkat
|
>meningkat
|
>meningkat
|
>meningkat
|
>meningkat
|
3.5
Strategi Pemasaran Perusahaan dan Pesaing
Strategi pemasaran yang digunakan
menggunakan analisis 7P yaitu Product, price, promotion, placement, people,
proses dan physical evidence. Dengan perbandingan perusahaan Sari Roti .
3.5.1 Product
Produk
yang di tawarkan perusahaan kami
yaitu Roti jagung (rojusa), bahan
utamanya asli jagung 100%, produk ini
baik untuk kesehatan karena
jagung mempunyai banyak
kandungan yang sesui dengan kebutuhan tubuh manusia, produk ini menggunakan
bahan campuran yang tidak berbahaya untuk kesehatan manusia, seperti gula dan
bahan roti lainnya
Keunggulan
dari produk Roti jagung (rojuse)
ini adalah belum banyaknya pesaing. Umumnya roti yang dijual hanya terbuat dari
bahan baku berupa tepung terigu tanpa menggunakan jagung, sehingga produk Roti
jagung ini bisa menjadi inovasi baru dalam memanjakan lidah konsumen, khususnya
bagi pecinta Roti. Selain itu, kandungan gizi yang terdapat pada Rpti jagung
ini jauh lebih tinggi dibandingkan dengan Roti yang biasa.
Jadi
kesimpulannya, produk Roti jagung ini merupakan inovasi baru dengan rasa yang
unik dan menarik yang mampu bersaing dengan Roti lain. Selain itu, roti ini
juga mampu memikat hati konsumen, khususnya para pecinta roti.
3.5.2 Price
Dalam
menentukan harga Roti Jagung
(rojuse),
perusahaan kami mempertimbangkan berdasarkan biaya produksi dan biaya lain,
kualitas produk, citra yang terbentuk melalui iklan dan promosi, ketersediaan
produk, sarana yang diperlukan serta trend yang berlaku. Harga produk yag
ditawarkan sebesar Rp 5000,- /kemasan. Harga ini sudah termasuk murah dengan
banyak kandungan yang be rmanfaat untuk tubuh
mengingat bahwa produk pesaing
harganya di atas harga produk yang kami tawarkan. Dengan harga Rp 5000,-
diharapkan untuk bisa menarik konsumen lebih banyak dimana harga yang kami
tawarkan sesuai denga semua kalangan.
Dan mendapatkan potongan harga 50% dengan menukarkan 10 bungkus roti tersebut.
3.5.3
Promotion
Pada
prusahaan pesaing sistim promosi sudah sangat luas dan beragam, prusahaan FLYFOOD
tidak mau kalah dengan para pesaing, kami menggunakan banyak strategi promosi,
seperti:
ð Advertisik
(iklan)
Dalam menggunakan media iklan kami
menggunakan media cetak dan media
elektronik, dalam media cetak menggunakan koran dan sepanduk, sedangkan pada
media elektronik kami menggunakan media TV.
ð Sales
Promotion
Seles promosi yang di lakkan menggunakan
sistim mendatangi toko-toko besar mau kecil serta mengikuti kegiatan bazar yang
di harapkan bisa menarik minat konsumen secara langsung.
ð Public
Relation
Untuk memberikan image yang baik untuk
prusahaan, kami menggunakan sistem ini pada saat-saat tertentu seperti pada
saat hari ulang tahun
prusahaan, kami memberikan hadiah-hadiah untuk para konsumen
setia produk prusahaan FLYFOOD.
3.5.4
Placement
Proses distribusi dari Roti Jagung yaitu menggunakan 2
cara. Proses pendistirbusian produk Roti Jagung
menggunakan sistem pedagang perantara
dan secara langsung. Dengan beberapa pertimbangan
biaya bisa di tekan pengeluaranya jika menggunakan pedangang plantara. Dengan
ini di harapkan bissa lebih cepat menarik konsumen. Untuk penjualan secara langsung seperti waralaba di
harapkan bisa lebih mendekatkan Antara produsen dan konsumen.,
3.5.5 People
Dalam
sistem penetapan sumber daya manusia
kami menggunaka sistet sesui
keahlian para SDM dengan pertimbangan pekerjaan yang di amanatkan bisa lebih
profesional dalam pelaksanaannya dan bisa lebih cepat memajukan prusahaan. Di outlet kami,
akan menggunakan tenaga kerja yang dituntut untuk total melayani, berinovasi,
kreatif, ramah dan disiplin agar dapat memuaskan hati dan keinginan konsumen
3.5.6
Process
Sistem
prusahaan kami adalah prusahaan terbuka dengan alasan bisa menarik konsumen
lebih banyak, pelayanan informasih kami bisa langsung di lihat di internet.
Proses
pelayanan untuk konsumen kami
menggunakan sistem rama tama, diman rama tama ini berarti selalu memberikan
pelayanan yang baik dengan prinsip jujur,fakta dan terpercaya. Karan konsumen
adalah raja.
3.5.7
Physikal Evidence
Penampilan
fisik dari Roti Jagung (rojase) didisen se evisien dan menarik. Dengan
pemikiran konsumen lebih menyukai kemasan yang bisa dibawa kemana saja tampa
memakan tempat yang banyak, hal ini di harapkan pula konsumen daspat tertarik
dengan produk yang kami tawarkan.
BAB IV
ASPEK ORGANISASI DAN MANAJEMEN
4.1
Aspek Organisasi
FLYFOOD merupakan prusahaaan yang
bergerak di bidang makanan, prusahaan
ini bergerak dengan visi memperkenalkan makanan tradisional dengan tampilan
moderen ke dunia pasar. Berikut informasi tentang prusahaan FLYFOOD.
Ø Nama
Prusahaan = FLYFOOD
Ø Bidang
Usaha =
makanan
Ø Jenis
Produk/Jasa =
makanan
Ø Alamat
Kantor Tempat Usaha = Jln. Ir.soekarno km 20,
Puri, Kabupaten Mojokerto
Ø No. Telfon = 085733580466
Ø Alamat
email = FLYFOOD@gmail.com
Ø Bank
prusahaan = BANK BRI
Ø Mulai
Berdiri =
2013
Ø Nama
Pemilik/Pemimpin =
MUHAMMAD JAMALUDIN
Biodata nama
Pemilik Prusahaan
Ø Nama
pemilik prusahaan = MUHAMMAD JAMALUDIN
Ø Jabataan =
Derektur
Ø Tempat
tanggal lahir =
Mojokerto, 25 maret 1994
Ø No.
Telfon =
085733580466
Ø Alamat
emal =
jams.uall25@ymail.com
Ø Pendidikan
terahir =
SMA
Ø
v Bentuk
Bandan Hukum
Prusahaan ini
masih belum berbentuk badan hukum, tetapi dalam berjalannya waktu prusahaan ini
di usahaakan akan berbentuk hukum dengan pemikiran demi kemajuan prusahaan dan
kenyamanna karyawan.
Ø Struktur
Organisasi
Ø Diskripsi
Sumberdaya Manusia
Jabatan
|
Urayan
Tugas
(A)
|
Jumlah
(B)
|
Gaji/bulan
(C)
|
Total
(BxC)
|
Pimpinsn
|
||||
1.
Derektur
|
Melakukan planning,
organizing, actuating, dan controlling.
|
1
|
20.000.000,-
|
20.000.000,-
|
2.
Penasehat
|
Penasehat perusahaan
|
1
|
10.000.000,-
|
10.000.000,-
|
Manajer
|
||||
1.
Keuangan
|
Mengatur keluar
masuknya uang
|
1
|
5.000.000
|
5.000.000,-
|
2.
SDM
|
Mengatur SDM yang
sesuai dengan kebutuhan
|
1
|
5.000.000
|
5.000.000,-
|
3.
Pemasaran
|
Mengatur target pasar
dan yang berhubungan dengan pemasaran
|
1
|
5.000.000
|
5.000.000,-
|
4.
Produksi
|
Mengatur jumlah
produksi produk dalam setiap harinya
|
1
|
5.000.000
|
5.000.000,-
|
Staf
|
||||
1.
Keuangan
|
Membantu menejer
keuangan
|
2
|
3.000.000
|
6.000.000,-
|
2.
SDM
|
Membantu menejer SDM
|
2
|
3.000.000
|
6.000.000,-
|
3.
Pemasaran
|
Membantu menejer
pemasaran
|
2
|
3.000.000
|
6.000.000,-
|
4.
Produksi
|
Membantu menejer
produksi
|
2
|
3.000.000
|
6.000.000,-
|
Karyawan
|
Pekerja
|
10
|
130.000
|
1.300.000,-
|
Total gaji/bualan
|
75.300.000
|
4.2
Perijinan
Bentuk
prusahaan FLYFOOD benbentuk prusahaan UD atau unit dagang dan perusahaan
perseorangan yang dimana semua keperluan prusahaan di tanggung oleh pemilik.
Prusahaan FLYFOOD mempunyai suran-surat yang di anjurkan oleh negra yang wajib
di miliki untuk memulai suatu usaha berupa surat perizinan, surat perizinan
perusahaan FLYFOOD salah satunya yaitu sebagai berukut:
|
Malang, 20Maret 2014
Kepada Yth,
Bapak Kepala
Cq. Kabag. Adm. Perekonomian
Di Jawa Timur
SURAT IZIN TEMPAT USAHA
Saya yang bertanda tangan dibawah ini:
Nama :
Muhammad jamaludi
Tempat/Tgl. Lahir : mojokerto, 25
maret 1994
Pekerjaan : Direktur
Alamat : Jln. Ir soekarno belahan kec.puri Kab.Mojokerto
Bersama dengan
ini saya bermaksud untuk mengajukan Surat Izin Tempat Usaha diatas kertas
menggunakan materai 6.000 kepada Bapak.
Nama Tempat Usaha : FLYFOOD
Bidang Usaha : Industri
Makanan
Alamat
Tempat Usaha : Jln. Ir.soekarno belahan Kec.puri Kab.Mojokerto
Dalam hal ini
saya berjanji kepada Bapak, akan mematuhi semua persyaratan/peraturan serta
petunjuk yang diberikan atas usaha yang akan saya kelola.
Demikian Surat Izin Tempat Usaha
(SITU) ini saya buat. Semoga Bapak bersedia untuk mengabulkan permohonan saya.
Atas perhatian dan kebijaksanaanya, saya sampaikan banyak terima kasih.
Diketahui
:
Lurah/ Kepala Desa Pemohon
Drs. Hadi Supratman MOH
HERWIN SHOLEH
4.3
Kegiatan Pra Oprasi dan Jadwal Pelaksanaan
Jadwal kegiatan
prusahaan FLYFOOD sebelum memulai suatu usaha industri di atur berdasarkan
preode tertentu dengan sistem cepat tepat dan terpercaya, serta sesuai dengan
fakta, jujur dan akurat. Jadwal kegiatanya yaitu sebagai berikut:
KEGIATAN
|
JADWAL PELAKSANAAN
(Dalam Minggu)
|
||||
1
|
2
|
3
|
4
|
||
Survey Pasar
|
|||||
Menyusun Rencana Usaha
|
|||||
Perijinan
|
|||||
Survai tempat usaha
|
|||||
Survai Mesin / Peralatan
|
|||||
Pemasangan Sarana Penunjang
|
|||||
Mencari tempat kerja
|
|||||
Uji Coba Produksi
|
|||||
Operasional
|
|||||
4.4 Inventaris Kantor dan Supply
Kantor
Investasi kantor pada prusahaan FLYFOOD sederhana tami sesuai dengan
kebutuhan, investasi pralatan kantornya adalah sebagai berikut:
Investasi atau
Perangangkat kerja
|
Merk
|
Jumlah
(unit)
|
Harga
(Rp)
|
Jumlah harga
(Rp)
|
Komputer
|
Axioo
|
8
|
5.000.000,-
|
40.000.000,-
|
Kursi
dan meja
|
-
|
10
|
500.000,-
|
5.000.000,-
|
Printer
|
HP
|
4
|
300.000,-
|
1.200.000,-
|
Stempel
|
-
|
1
|
50.000,-
|
50.000,-
|
Telfon
kantor
|
Panasonik
|
4
|
1.000.000,-
|
4.000.000,-
|
Lemari
|
-
|
6
|
500.000,-
|
3.000.000,-
|
Total
Knvestasi kantor prusahaan FLYFOOD
|
53.250.000,-
|
Biaya untuk menunjang kegiatan administrasi
prusahaan FLYFOOD tidaklah begitu mewa melaikan sesui dengan kebutuhan dan
tepat guna. Macam-macam supply kantornya yaitu sebagai berikut:
Macam Supply Kantor
|
Total Biaya per Tahun
(Rp)
|
Buku atministrasi
|
200.000,-
|
Alat tulis
|
200.000,-
|
Penggaris
|
100.000,-
|
Penghapus
|
200.000,-
|
Kartu kendali
karyawan
|
500.000,-
|
Kertas
|
1.000.000,-
|
Total Biaya Supply
Kantor
|
2.200.000,-
|
BAB V
ASPEK PRODUKSI
5.1
Produksi
Perencanaan yang dilakukan oleh
prusahaan FLYFOOD yang menyangkut produk (output) adalah sebagai berikut
a.
Dimensi Produk
Roti yang
kita produksi yaitu seperti roti biasa bewarna coklat muda yang mana rasanya
lembut dengan rasa dan aroma jagung yang kas.
b.
Nilai atau manfaat
Produk
Roti jagung ini sangan bermanfaat untuk
tubuh manusia, karena seperti yang kita ketahui tanaman jagung mempunyai banyak
kandungan yang sangat baik untuk tubuh manusia.
c.
Kegunaan atau Fungsi
Produk
Kegunaan roti
jagung yaitu dapat memberikan energi baru untuk tubuh manusia, selain itu roti
jagung ini mengandung vitamin, kaya akan protein, bisa mengurangi berat badan,
mencega terjadinya kangker dan mampu mendetoks tubuh.
5.2
Proses Produksi
Disini menjelaskan tata cara dalam memproduksi
Roti jagung dari awal sampai siap untuk dipasarkan ke konsumen. Proses
produksiya adalah sebagai berikut:
Ø Alat
pembuatan Roti jagung
Ø Panci
Ø Oven
Ø Pisau
Ø Kompor
Ø Pengaduk
Ø Pengecek
suhu
Ø Timbangan
Ø Kain
bersih
Ø kapseler
Ø Bahan
dalam pembuatan Roti jagung
Bahan-bahan/bumbu-bumbu :
Serbuk roti perusahaan kami siap bentuk
Bahan Isi:
susu cair
gula pasir
garam
Serbuk roti perusahaan kami siap bentuk
Bahan Isi:
susu cair
gula pasir
garam
jagung manis rebus,
dipipil
tepung maizena
kuning telur
keju
coklat
tepung maizena
kuning telur
keju
coklat
Bahan Toping:
kuning telur
kuning telur
Ø Cara
Pembuatan Roti jagung
Ø Keteranga
Deskriptif
Isi:
Rebus susu cair, gula pasir, dan garam sampai mendidih. Masukkan jagung manis
pipil. Aduk rata. Tuang larutan tepung maizena. masak sampai meletup – letup.
Matikan api.Tambahkan kuning telur. Aduk rata. Nyalakan api. Masak sampai
matang.Siapkan adonan roti sampai tahap siap bentuk. Timbang roti masing –
masing 40 gram. Bentuk bulat. diamkan 10 menit. Kempiskan adonan. Beri
isi. Bentuk lonjong. Letakkan di loyang yang dioles margarin. Diamkan 75 menit sampai
mengembang. Toping:
kocok kuning telur sampai putih. Masukkan dalam kantung plasik segitiga. Oles roti yang sudah
mengembang dengan bahan olesan. Semprot atas roti dengan topping. Oven 12 menit dengan
suhu 190 derajat Celsius sampai matang. Belah roti jadi dua tidak putus. Oles
dengan bahan isi. Tabur dengan keju parut.
Kemudian produk siap di Bungkus.
.
5.3 Kapasitas
Produksi
Rencana kapasitas
produksi dalam setiap bulannya yaitu sebagai berikut:
Bulan
|
Rencana
produksi (dalam kemasan)
|
1
|
2.000/kemasan/bulan
|
2
|
3.000/kemasan/bulan
|
3
|
Di prediksikan akan mengalami kenaikan produksi di setiap
bulanya
|
5.4 Tanah
dan Bangunan
Pembuatan produk Roti Jagung
merupakan usaha peseorangan industry
sehingga proses produksi berada area pemilik perusahaan dan bangunannya sudah
terhitung dari milik pemilik perusahaan. Sedangkan tempat untuk penjualan yaitu
menggunakan sistem dititipin di pedangan
besar dan pedangang kecil dengan biaya sebesar Rp 100.000,- /bulan dan di jual sendiri dengan biaya Rp 200.000,- /bulan
5.5.
Pemasangan Sarana Penunjang
Prasarana penunjang dalam perusahaan FLYFOOD yaitu sebagai berikut:
Jenis Biaya
|
Jumlah Biaya
(Rp)
|
1.
Pemasangan
instalasi listrik
|
500.000,-
|
2.
Pemasangan
instalasi air (PAM)
|
500.000,-
|
3.
Pemasangan
instalasi telepon
|
500.000,-
|
4.
Pemasangan
instalasi internet
|
300.000,-
|
5.
Dan lain-lain
|
200.000,-
|
Total Biaya
Pemasangan Sarana Penunjang :
|
3.700.000,-
|
5.6 Mesin
dan Peralatan
Daftar mesin dan pralatan dalam
prusahaan FLYFOOD yaitu sebagai berikut:
Nama Mesin/Peralatan
|
Merk
|
Jumlah Unit
|
Harga (Rp)
|
Jumlah Harga (Rp)
|
1.
Kompor gas
|
1
|
300.000,-
|
300.000,-
|
|
2.
Panci
|
3
|
20.000,-
|
60.000,-
|
|
3.
Timbangan
|
1
|
100.000,-
|
100.000,-
|
|
4.
Talenan
|
3
|
10.000,-
|
30.000,-
|
|
5.
Mesin Pengemas
|
1
|
1.000.000,-
|
1.000.000,-
|
|
6.
Belender
|
1
|
500.000,-
|
500.000,-
|
|
7.
Pengaduk
|
2
|
3.000,-
|
6.000,-
|
|
8.
Pisau
|
3
|
5.000,-
|
15.000,-
|
|
9.
Oven
|
1
|
300.000,-
|
300.000,-
|
|
10. Pengatur
suhu/ termometer
|
1
|
50.000,-
|
50.000,-
|
|
Total Pembelian Mesin/Peralatan
|
2.361.000,-
|
5.7
Bahan Baku dan bahan
Pembantu
Bahan baku penunjang untuk pembuatan Roti Rumput Laut
yaitu sebagai berikut:
Nama
Bahan Baku
|
Jumlah
Unit
|
Harga
(Rp)
|
Jumlah
Harga (Rp)
|
Adonan
roti jadi
|
1kg
|
15.000,-/kg
|
15.000,-
|
Mentega
|
0,5kg
|
13.400,-/kg
|
6700,-
|
Gula
pasir
|
250gr
|
10.000,-/kg
|
2500,-
|
Keju
|
250gr
|
9000,-/kg
|
2250,-
|
Coklat
|
250gr
|
8000,-/250gr
|
8000,-
|
Garam
|
6gr
|
500,-/200gr
|
15
|
Susu cair
|
250ml
|
13.000,-/ltr
|
3250
|
Jagung
manis
|
1kg
|
5000
|
5000
|
Tepung
maizena
|
250 gram
|
5000,-/kg
|
1250
|
Telur
|
0,5
|
14.000,-/kg
|
7000
|
Pembungkus
|
20
|
500,-lbr
|
10.000
|
Total
|
60.500,-
|
5.8 Tenaga
produksi (tenaga kerja langsung)
Diprusahaan FLYFOOD pekerjanya menganut sistem harian,
dimana data untuk setiap harinya di sebutkan di bawa ini:
Jenis Kegiatan
|
Tarif/Upah per hari
|
Jumlah Tenaga Kerja
|
Jumlah Hari Kerja/Tahun
|
Jumlah (Rp.)
|
1.
Bagian penyucian
|
5.000,-
|
3
|
312
|
4.680.000,-
|
2.
Bagian produksi
|
5.000,-
|
4
|
312
|
6.240.000,-
|
3.
Bagiang pengemasan
|
5.000,-
|
3
|
312
|
4.680.000,-
|
Total Upah Tenaga Produksi Sistem Harian
|
15.600.000,-
|
5.9 Biaya
umum prusahaan
Dalam biaya umum prusahaan banyak
sekali perencanaan-perencanaan selama setiap 1 tahun, perencanaan-perencanaan
tersebut di uraikan di bawa ini sebagai berikut:
Jenis Biaya
Umum Usaha/Pabrik
|
Jumlah
Biaya/Tahun (Rp)
|
1.
Pemeliharaan mesin dan peralatan
|
2.000,000,-
|
2.
Suku cadang, bahan bakar, oli, dsb.
|
10.000.000,-
|
3.
Rekening listrik, air, telepon.
|
5.000.000,-
|
4.
Pemeliharaan bangunan
|
5.000.000,-
|
Total Biaya Umum
Usaha/Pabrik per tahun:
|
22.000.000,-
|
BAB VI
ASPEK KEUANGAN
6.1 Strategi
Sumber Pendapatan Usaha
Sumber
dana perusahaan FLYFOOD diperoleh dari pemilik perusahaan sebesar 100%. Dimana
seperti yang kita ketahui prusahan perseorangan yaitu prusahaan yang berjalan
sendiri tampa campur tangan orang lain.
Modal
awal yang di butuhkan untuk memulai suatu usaha FLYFOOD pemilik usaha sebesar
Rp 100.000.000,- yang mana 100% dana
tersebut dari pemilik perusahaan.
6.2 Proyeksi
Keuangan
a.
Sumber Perdanaan
Uraian
|
Persentase (%)
|
Jumlah
|
|
(a)
|
(b)
|
(c = a + b)
|
|
1. Modal Sendiri
|
100
|
0
|
100
|
2. Pinjaman
|
0
|
0
|
0
|
Jumlah (1+2)
|
100
|
0
|
100
|
b.
Kebutuhan
Pembiayaan/Modal investasi
Uraian
|
Banyaknya
|
Harga/Unit
|
Jumlah
|
(A)
|
(B)
|
(C = A x B)
|
|
a. Tanah
|
1
|
25.000.000,-
|
25.000.000,-
|
b. Bangunan
|
1
|
2.000.000,-
|
2.000.000,-
|
c. Mesin/Peralatan
|
1
|
20.000.000,-
|
20.000.000,-
|
d.Peralatan Kantor
|
|||
1.
Kompor gas
|
1
|
300.000,-
|
|
2.
Panci
|
3
|
20.000,-
|
|
3.
Timbangan
|
1
|
100.000,-
|
|
4.
Talenan
|
3
|
10.000,-
|
|
5.
Mesin pengemas
|
1
|
1.000.000,-
|
|
6.
Belender
|
1
|
500.000,-
|
|
7.
Pengaduk
|
2
|
3.000,-
|
|
8.
Pisau
|
3
|
5.000,-
|
|
9.
Oven
|
1
|
300.000,-
|
|
10. Pengatur
suhu/ termometer
|
1
|
50.000,-
|
|
Total
|
2.361.000
|
||
E, Alat angkut
|
1
|
10.000.000,-
|
10.000.000,-
|
f. Infrastruktur
|
1
|
5.000.000,-
|
5.000.000,-
|
g. Biaya pra operasi
|
1
|
5.000.000,-
|
5.000.000,-
|
Jumlah
|
69.111.000,-
|
c. Kebutuhan Pemibiayaan/Modal Kerja (biaya
tetap)
Uraian
|
Banyaknya
|
Harga/unit (Rp)
|
Jumlah (Rp)
|
Umur
ekonomis
|
Penyusutan
|
A,Mesin/
Peralatan (Penyusutan)
|
|||||
1.
Panci
|
3
|
20.000,-
|
60.000,-
|
3 thn
|
1500,-
|
2.
Talenan
|
3
|
10.000,-
|
30.000,-
|
3 thn
|
1000,-
|
3.
Pisau
|
3
|
5.000,-
|
15.000,-
|
2 thn
|
700,-
|
4.
Kompor
|
1
|
300.000,-
|
300.000,-
|
4 thn
|
6.500,-
|
5.
Pengaduk
|
2
|
3.000,-
|
6.000,-
|
3 thn
|
200,-
|
6.
Termometer
|
1
|
50.000,-
|
50.000,-
|
3 thn
|
1.500,-
|
7.
oven
|
1
|
300.000,-
|
300.000,-
|
3 thn
|
8.500,-
|
8.
Timbangan
|
1
|
200.000,-
|
100.000,-
|
4 thn
|
4.200,-
|
9.
Belender
|
1
|
500.000,-
|
500.000,-
|
3 thn
|
14.000,-
|
10. Mesin
pengemas
|
1
|
1.000.000
|
1.000.000
|
2 thn
|
42.000,-
|
B.Peralatan Kantor
|
|||||
1.
Buku atministrasi
|
3
|
10.000,-
|
30.000,-
|
-
|
-
|
2.
Alat tulis
|
3
|
2.000,-
|
6.000,-
|
-
|
-
|
3.
Penggaris
|
3
|
1.000,-
|
3.000,-
|
-
|
-
|
4.
Penghapus
|
3
|
1.000,-
|
3.000,-
|
-
|
-
|
5.
Kartu kendali
karyawan
|
10
|
5.000,-
|
50.000,-
|
-
|
-
|
6.
Kertas
|
1
|
50.000,-
|
50.000,-
|
-
|
-
|
B.Alat Angkut
|
|||||
-
Sepeda motor
|
1
|
50.000,-
|
50.000,-
|
-
|
|
C.Infrastruktur
|
|||||
-
Meja kantor
|
8
|
1.000.000,-
|
1.000.000,-
|
4thn
|
10.000,-
|
-
Meja dapur
|
2
|
1.000.000,-
|
1.000.000,-
|
4thn
|
21.000,-
|
Jumlah
|
4.308.000,-
|
,-
|
d.
Analisi biaya tetap
Uraian
|
Banyaknya (1)
|
Harga/Unit (2)
|
Jumlah (3)
|
a.
Gaji
|
5
|
100.000,-
|
500.000,-
|
b.
Penyusutan
|
200.000
|
200.000,-
|
|
c.
Biaya pemasaran
|
1.000.000,-
|
1.000.000,-
|
|
d.
Biaya lainnya
|
2.000.000,-
|
2.000.000,-
|
|
Jumlah
|
3.719.778,-
|
e.
Analisa Biaya Tidak
Tetap
Uraian
|
Banyaknya
(1)
|
Harga/Unit (2)
|
Jumlah (3)
|
a.
Upah
|
3
|
100.000,-
|
300.000,-
|
b.
Biaya bahan
|
20 unit
|
60.500,-
|
f.
Proyeksi Aliran Kas
Usaha
ö
Investasi Alat
Nama Mesin/Peralatan
|
Merk
|
Jumlah Unit
|
Harga (Rp)
|
Jumlah Harga (Rp)
|
Umur Ekonomis
|
Penyusutan (Rp/Bln)
|
1.
Kompor gas
|
1
|
300.000,-
|
300.000,-
|
4
|
6.500,-
|
|
2.
Panci
|
3
|
20.000,-
|
60.000,-
|
3
|
1.500,-
|
|
3.
Timbangan
|
1
|
100.000,-
|
100.000,-
|
4
|
4.200
|
|
4.
Talenan
|
3
|
10.000,-
|
30.000,-
|
3
|
1.000
|
|
5.
Mesin Pengemas
|
1
|
1.000.000,-
|
1.000.000,-
|
2
|
42.000
|
|
6.
Belender
|
1
|
500.000,-
|
500.000,-
|
3
|
1.400
|
|
7.
Pengaduk
|
2
|
3.000,-
|
6.000,-
|
3
|
200
|
|
8.
Pisau
|
3
|
5.000,-
|
15.000,-
|
2
|
700
|
|
9.
Oven
|
1
|
300.000,-
|
300.000,-
|
3
|
8.500
|
|
10. Pengatur
suhu/ termometer
|
1
|
50.000,-
|
50.000,-
|
3
|
1.500
|
|
Total Pembelian Mesin/Peralatan
|
2.361.000,-
|
67500
|
ö
Kas Harian
Jumlah produk
|
Bahan
|
Jumlah
Unit
|
Harga
(Rp)
|
Debet
|
Kredit
|
|||
Adonan roti jadi
|
1kg
|
15.000,-/kg
|
15.000,-
|
|||||
Mentega
|
0,5kg
|
13.400,-/kg
|
6700,-
|
|||||
Gula pasir
|
250gr
|
10.000,-/kg
|
2500,-
|
|||||
Keju
|
250gr
|
9000,-/kg
|
2250,-
|
|||||
Coklat
|
250gr
|
8000,-/250gr
|
8000,-
|
|||||
Garam
|
6gr
|
500,-/200gr
|
15
|
|||||
Susu cair
|
250ml
|
13.000,-/ltr
|
3250
|
|||||
Jagung manis
|
1kg
|
5000
|
5000
|
|||||
Tepung maizena
|
250 gram
|
5000,-/kg
|
1250
|
|||||
Telur
|
0,5
|
14.000,-/kg
|
7000
|
|||||
Pembungkus
|
20
|
500,-lbr
|
7500
|
|||||
20
|
Total
|
60.500,-
|
||||||
1 bln
|
Produksi 25x 100 hasil
perhari
|
2500/bulan
|
||||||
ö Cashflow
A. Penerimaan
|
1 bulan
|
M
|
|
Kuantitas
(unit)
|
2500
|
Harga
(Rupiah/unit)
|
5.000
|
Total
(Q x P )
|
12.500.000
|
B.
Pengeluaran
|
|
Biaya
Tetap (Rp)
|
|
-Peralatan
|
|
-
Penyusutan/bulan
|
200.000
|
-
Modal pinjaman (200.000)
|
|
- TK
( 5org @/bln)
|
1.000.000
|
Biaya
Variabel
|
|
-
Biaya per produksi
|
7.562.500
|
-
Biaya Pemasaran (trasnp/bln)
|
1.000.000
|
Total Biaya
|
9.762.500
|
C.
Akumulasi Penerimaan
|
12.500.000
|
D. Akumulasi Pengeluaran
|
9.762.500
|
E.
PROFIT
|
(2.737.500)
|
6.3 Analisis
Kelayakan Usaha
Untuk menganalisa kelayakan usaha
pancake ini, kami menggunakan perhitungan BEP dan R/C Ratio.
Perhitungan dapat dilihat seperti di bawah ini:
1.
BEP harga
=
2.
BEP produksi
=
3.
4.
BEP penerimaan
=
R/C Ratio =
= (layak
untuk diteruskan)
R/C Ratio roti
jagung yaitu 1,3; jadi usaha roti jagung dinyatakan layak karena R/C Ratio
>1,2.
6.4 Analisa Keuntungan
a.
Biaya Tetap
Nama Mesin/Peralatan
|
Merk
|
Jumlah Unit
|
Harga (Rp)
|
Jumlah Harga (Rp)
|
1.
Kompor gas
|
1
|
300.000,-
|
300.000,-
|
|
2.
Panci
|
3
|
20.000,-
|
60.000,-
|
|
3.
Timbangan
|
1
|
100.000,-
|
100.000,-
|
|
4.
Talenan
|
3
|
10.000,-
|
30.000,-
|
|
5.
Mesin Pengemas
|
1
|
1.000.000,-
|
1.000.000,-
|
|
6.
Belender
|
1
|
500.000,-
|
500.000,-
|
|
7.
Pengaduk
|
2
|
3.000,-
|
6.000,-
|
|
8.
Pisau
|
3
|
5.000,-
|
15.000,-
|
|
9.
Oven
|
1
|
300.000,-
|
300.000,-
|
|
10. Pengatur
suhu/ termometer
|
1
|
50.000,-
|
50.000,-
|
|
Total Pembelian Mesin/Peralatan
|
2.361.000,-
|
b.
Biaya Variabel
Nama
Bahan Baku
|
Jumlah
Unit
|
Harga
(Rp)
|
Jumlah
Harga (Rp)
|
|
Adonan
roti jadi
|
1kg
|
15.000,-/kg
|
15.000,-
|
|
Mentega
|
0,5kg
|
13.400,-/kg
|
6700,-
|
|
Gula
pasir
|
250gr
|
10.000,-/kg
|
2500,-
|
|
Keju
|
250gr
|
9000,-/kg
|
2250,-
|
|
Coklat
|
250gr
|
8000,-/250gr
|
8000,-
|
|
Garam
|
6gr
|
500,-/200gr
|
15
|
|
Susu cair
|
250ml
|
13.000,-/ltr
|
3250
|
|
Jagung
manis
|
1kg
|
5000
|
5000
|
|
Tepung
maizena
|
250 gram
|
5000,-/kg
|
1250
|
|
Telur
|
0,5
|
14.000,-/kg
|
7000
|
|
Pembungkus
|
20
|
500,-lbr
|
10.000
|
|
Total
|
60.500,-
|
|||
Total 1 bln 2500
|
7.562.500
|
|||
c.
Total Biaya
Produksi
No.
|
Jenis Biaya
|
Biaya (Rp)
|
1.
|
Total biaya tetap (TFC)
|
2.361.000
|
2.
|
Total biaya variabel (TVC)
|
7.562.500
|
Total Biaya
Produksi (TC)
|
9.923.500
|
d.
Penerimaan
No.
|
Uraian
|
Total
Produksi (unit)
|
Harga
(Rp)
|
Biaya (Rp)
|
1.
|
Roti jagung
|
2500
|
5.000
|
12.500.000
|
Total Penerimaan (Rp)
|
e.
Keuntungan
No.
|
Uraian
|
Nilai (Rp)
|
1.
|
Total Penerimaan (TR)
|
12.500.000
|
2.
|
Total Biaya Produksi (TC)
|
9.923.500
|
Keuntungan
(Rp)
|
2.576.500
|
BAB VII
RINGKASAN
EKSEKUTIF
Perusahaan kami yaitu UD. FLYFOOD, beralamatkan di JL.
Ir soekarno belahan Kec.puri Kab.Mojokerto Jawa Timur. Visi perusahaan kami yaitu
Menjadi perusahaan penghasil makanan dan hususnya makanan yang
berkualitas tinggi dan menguasai segala jenis pasar di seluru dunia. Sedangkan misi perusahaan kami yaitu mengedepankan
sistem organisasi, Mengedepankan
sistem manejemen, Selalu
memberikan inovasi baru untuk kemasan dan rasa, Memberikan dampak yang baik untuk
konsumen, karyawan dan lingkungan sekitar,
Selalu
jujur dan tegas dalam memprose produksi, pemasaran dan pelayanan, dan Memberikalan layanan
yang pas untuk segalah jenis keluhan yang di dapat dari konsumen mengenai
produk
Perusahaan kami bergerak dalam bidang makanan olahan
berupa roti jagung. Roti jagung merupakan roti dengan rasa manis,
lembut dan lezat
dengan berbagai varian topping seperti selai, , taburan keju, coklat,
dll. Varian Roti Jagung dengan menggunakan bahan baku berupa Jagung dan Bahan
roti lainnya semakin memanjakan lidah konsumen dan membuat aroma sekaligus
rasanya lebih gurih dan berasa nikmat.
Target pasar dapat
terdiri dari kalangan pelajar sekolah, mahasiswa, para pekerja serta orang yang
berpenghasilan rendah hingga menengah. Akan tetapi, perusahaan kami lebih
,menfokuskan pada konsumen dari kalangan anak muda, khususnya mahasiswa yang
ada di Mojokerto.
Oleh sebab itu, pertumbuhan pasar FLYFOOD ini diharapkan mampu terus berkembang
pesat karena dilihat dari segi lokasi usaha sendiri masih terdapat sedikit
persaingan ketat yang menggunakan Jagung sebagai bahan dasar roti. Sehingga
perusahaan kami mempunyai peluang pasar yang cukup besar.
FLYFOOD
dari perusahaan kami diposisikan di depan dibandingkan dengan Roti yang
biasanya. Hal ini dikarenakan
perusahaan kami mengedepankan manfaat dan kandungan gizi yang terkandung dalam
kentang dan tepung jagung. Jadi, terdapat kandungan gizi yang lebih lengkap jika
dibandingkan dengan Roti yang tanpa menggunakan jagung.
Roti jagung diposisikan memiliki kualitas produk yang
tinggi dan alami dari penggunaan bahan bakuJagung. Selain itu, ditunjang dengan
harga yang terjangkau. Hal ini membuktikan bahwa Roti Jagung dari UD. FLYFOOD
mempunyai potensi yang besar dibandingkan perusahaan Roti biasa. Jadi
perusahaan kami diharapkan tidak
kalah bersaing dengan perusahaan Roti biasa yang lain.
Berdasarkan
permintaan dan penawaran terhadap produk FLYFOOD yang semakin meningkat tiap
bulannya, maka perusahaan kami menyusun strategi untuk memasarkan produk kami
secara lebih gencar lagi sehingga tidak kalah saing di pasaran. Pertama,
perusahaan kami akan menambah berbagai macam varian lapisan dan topping
yang lebih menarik lagi dengan kemasan yang menarik pula disesuaikan dengan
golongan konsumen. Kedua, strategi dari perusahaan kami adalah dengan melakukan
promosi yang lebih gencar ke hotel, public center, media massa dan
sebagainya agar produk dari perusahaan kami bisa lebih dikenal publik. Ketiga,
perusahaan kami akan berusaha melakukan kerjasama dengan pihak-pihak investor
sehingga diharapkan produk roti jagung ini dapat lebih berkembang dan
berkelanjutan usahanya. Pangsa pasar untuk produk roti jagung dari perusahaan
kami cukup baik karena diperkirakan tiap bulannya akan meningkat.
UD. FLYFOOD menggunakan strategi pemasaran
berupa marketing mix yang meliputi 7P, yaitu product, price,
promotion, placement, people, process dan physical evidence. Produk unggulan yang
ditawarkan oleh perusahaan kami adalah roti jagung yang berkualitas baik dan
kaya akan gizi yang menyehatkan.
Dalam
menentukan harga roti jagung, perusahaan kami mempertimbangkan berdasarkan
biaya produksi dan biaya lain, kualitas produk, citra yang terbentuk melalui
iklan dan promosi, ketersediaan produk, sarana yang diperlukan serta trend
yang berlaku yaitu Rp. 5000,- dengan dua lapis. Promosi yang kami lakukan
yaitu melalui social media seperti blog, twitter, facebook, dll. Roti
jagung ROJASE ini rencananya akan
dijual secara waralaba dengan konsep franchise, outlet dan melalui perantara.
Sehingga konsumen dapat menikmati Roti
Jagung dalam sajian yang masih hangat, karena Roti Jagungakan dimasak ketika ada
pembeli yang memesan. Dalam
proses produksi Roti Jagung,
perusahaan kami kelak akan lebih mengutamakan pada kehigienisan produk agar
tetap terjaga kualitasnya dan untuk
tenaga kerja masih dikerjakan sendiri (belum merekrut karyawan). Dalam
kegiatan pemasaran produk Roti jagung
kepada
konsumen, perusahaan kami menyediakan outlet yang menarik untuk
dikunjungi, bersih, nyaman serta mudah dijangkau. Hal ini dapat mempengaruhi
suasana hati konsumen ketika melakukan pembelian dan akan kembali lagi untuk
kesekian kalinya. Penampilan fisik dan sarana prasarana yang disajikan
perusahaan kami, mampu memberikan peluang agar tidak kalah saing dengan usaha
Roti yang lainnya.
Untuk perijinan sendiri kami hanya memiliki
ijin SITU ( Surat Ijin Tempat Usaha),
TDP (Tanda Daftar Perusahaan), untuk menghindari peniruan produk kami dari
perusahaan lain.
Kapasitas
produksi yang mampu dihasilkan oleh UD. FLYFOOD adalah 10 resep yang mampu
menghasilkan 100 roti jagung per haeri. Tetapi jika pesanan meningkat akan
lembur untuk memenuhi permintaan.
Modal
yang dimiliki yaitu sebesar Rp. 100.000.000,-. Modal dari pemilik semuanya.
Saya akan merekomendasikan siapa pun yang mencari pinjaman Bisnis ke Le_Meridian, mereka membantu saya dengan pinjaman Empat Juta USD untuk memulai bisnis Quilting saya dan itu cepat. Ketika mendapatkan pinjaman dari mereka, mengejutkan betapa mudahnya mereka bekerja. Mereka dapat membiayai hingga jumlah $ 500.000.000.000 (Lima Ratus Juta Dolar) di wilayah mana pun di dunia selama ada 1,9% ROI yang dapat dijamin pada proyek tersebut. Prosesnya cepat dan aman. Itu benar-benar pengalaman positif. Hindari penipu di sini dan hubungi Layanan Pendanaan Le_Meridian Di. lfdsloans@lemeridianfds.com / lfdsloans@outlook.com. WhatsApp ... + 19893943740. jika Anda mencari pinjaman bisnis.
ReplyDeletePromo Spesial :
ReplyDelete★ Bonus 100% Win Beruntun 8x, 9x, 10x (dapat di Klaim Setiap Hari)
★ Bonus 10% Deposit Pertama !
★ Bonus 5% Deposit Setiap Hari
★ Bonus Cashback Mingguan 5% s/d 10%
★ Bonus Referral 7% + 2%
★ Bonus Rollingan 0,5% + 0,7%
Tersedia Permainan Judi Online :
» Bola / Sportsbook
» Sabung Ayam
» Casino Live
» Slot online
» Togel Online
» Bola Tangkas
» Tembak Ikan
» Poker
» Domino
» Dan Masih Banyak Lainnya.
Situs Judi Online Deposit Ovo
Situs Judi Online Deposit Gopay
Situs Judi Online Deposit Linkaja
Situs Judi Online Deposit Dana
Situs Judi Online Deposit Sakuku
Situs Judi Online Deposit Pulsa Tanpa Potongan
Situs Judi Online Deposit Bank BTPN
Situs Judi Online Deposit Bank BTN
Situs Judi Online Deposit Bank Permata
Hubungi Kontak Resmi Kami Dibawah ini (Online 24 Jam Setiap Hari) :
» Nomor WhatsApp : 0812–2222–995
» ID Telegram : @bolavitacc
» ID Wechat : Bolavita
» ID Line : cs_bolavita